phw_03

Kini Lampung sudah makin banyak pengunjung wisata baharinya terutama daerah pantai sepanjang Teluk Lampung. Pulau Pahawang contohnya. Setiap minggu dan libur nasional ramai sekali yang berkunjung ke pulau ini. Sepertinya tidak ada kendala dan kesulitan untuk dapat menyebrang dan menikmati pulau yang berada di belakang pulau Kelagian yaitu pulau yang berada persis di depan dermaga Ketapang, Hanura Pesawaran. 

Salah satu pulau yang saya kunjungi adalah pulau Pahawang Kecil yang berada dekat atau bersebelahan dengan pulau Pahawang Besar. Perjalanan ditempuh +/- 1 jam dari dermaga ketapang dengan perahu sedang berkapasitas maksimal 18 orang.

phw_01

Seperti pada umumnya wisata bahari, di pahawang kecil ini kita bisa berenang, snorkeling dan menikmati pasir gosong sepanjang 300 meter. Kali ini saya sedang tidak semangat untuk bersnorkeling, jadi saya ajak teman-teman hanya untuk berfoto ria. Di ujung pulau Pahawang kecil ini terdapat rumah kayu dan dermaga beton milik seorang ekspatriat dari negara Perancis. Bentuk bangunan kayu yang sangat indah tetapi sayang sekali kita sebagai wisatawan lokal tidak boleh mendatangi apalagi menginjakkan kaki disana.

phw2_09

Apa boleh buat, kita nikmati saja sisa pantai yang bisa digunakan. Yang terpenting adalah tetap menjaga kebersihan dan jangan injak terumbu karang yang ada. Tetap jaga keselamatan ya sobat.. (tri)

phw_07_1

phw_14

phw_19

phw2_06

phw_35

Iklan