Minggu, 08/11/2015. Tanggamus with Couchsurfing Lampung

Jauhnya perjalanan cuma mau liat air terjun.. hehe.. iya, gitu deh.. yang sudah foto disana bagus-bagus sih..

IMG-20151108-WA0008-01

Sebelumnya saya pernah mengunjungi air terjun yang ada di Gunung Betung kab. Pesawaran. Dan karena musim kemarau, berhasillah kami mendapatkan air terjun yang kecil sekali airnya.. jadi kocak sendiri.. hehe..

Cari-cari dan lihat-lihat hasil jepretan air terjun Lampung yang ada di Instagram, terpilihlah air terjun yang ada di Ulu Belu Tanggamus. Ada beberapa foto dan info yang sudah saya dapatkan, sehingga saya putuskan buat mencoba melihat dan survey lokasi air terjun di daerah itu.

IMG-20151108-WA0065

Motor merupakan pilihan tepat untuk bisa ke tempat tujuan walaupun jauh +/- 2,5 jam ke desa Ngarip Batu Tegi dan 30 menit dilanjutkan ke desa Sukamaju kec. Ulu Belu. Setelah melewati jalan perkampungan kita berhenti di salah satu area perkebunan warga yang sudah dijadikan tempat parkir motor. Sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan desa ini sempit untuk mobil.

Setelah parkir motor, segeralah kami menuruni perbukitan menuju sebuah lembah yang lumayan terjal. Sesampainya di lembah, kita bisa pilih air terjun mana yang mau didatangi. Iya. Disini ada 2 jenis air terjun yang sama-sama tinggi dan mempunyai keunikan masing-masing.

Ulu Belu Tanggamus, Lampung
Air terjun lembah pelangi Ulu Belu

 

IMG-20151108-WA0066

Air terjun paling atas merupakan air terjun yang tertinggi dan terluas, sehingga pengunjung bisa memilih tempat berfoto dimana saja. Kalaupun ingin mandi di bawah air terjun sangat nyaman sekali, karena kolam tidak terlalu dalam hanya setinggi dada orang dewasa.

Jpeg

Air terjun lembah pelangi Ulu Belu, Tanggamus
Air terjun lembah pelangi Ulu Belu, Tanggamus

Banyak sekali lokasi untuk berfoto ria, jangan kuatir nggak kebagian tempat. Sudut pandang yang luas, sehingga kita bisa menikmati air terjun ini di segala arah.

with triad infantri

Masih satu aliran sungai dan hanya berjarak 50meter kebawah, kita bisa menjumpai air terjun dengan ketinggian +/- 10 meter dan terdapat 2 jalur air terjun. Tetapi jalan yang kita lalui cukup sulit, tebing yang terlalu terjal dan jalan berbatuan yang tidak stabil.

Masih di Air terjun lembah pelangi
Masih di Air terjun lembah pelangi

air terjun lembah pelangi

Taken by Fahma Abdurrahman
Taken by Fahma Abdurrahman

Nah yang menjadi penasaran adalah dimanakah pelanginya? Hehe.. cara yang sangat mudah adalah dengan berenang di sekitar air terjun. Disitulah kalian bisa melihat air terjun dari efek sinar matahari yang bertemu dengan air. Kalau mau usaha yang keras lagi, datanglah lebih pagi sekali saat sinar matahari berada di bawah.

Buat kalian yang hobi dengan wisata alam, cobalah untuk mengunjungi air terjun lembah pelangi ini..(tri)

 

Iklan