Sekolah itu tempatnya belajar segala hal yang kita belum tahu dan belajar bergaul berkomunikasi dengan orang banyak. Kenyamanan dalam belajarpun menjadi sebuah keharusan dalam proses belajar mengajar. Bukan ruang kelas yang mewah dengan perlengkapan belajar yang semuanya ada apalagi sampai ada pendingin ruangannya, akan tetapi sebuah kelayakan belajar bagi anak-anak usia dini.

Ruang belajar yang layak adalah cita-cita semua orang tua memasukkan anaknya ke sekolah. Mereka belajar di dalam ruangan yang bersih, rapi dan memiliki ruang belajar yang luas, sehingga sirkulasi udara bagus dan sehat. Punya halaman bermain atau halaman olahraga yang luas juga sehingga di waktu istirahat anak-anak bisa bermain sesukanya di halaman.

MI_1
Memanfaatkan teras menjadi ruang belajar
MI_2
Ruang belajar dibagi menjadi 2 kelas

Tapi keinginan dan harapan anak-anak ataupun orang tua di MI NURUL ASYROF sangatlah jauh dari harapan. Walaupun berada masih di dalam kotamadya Bandar Lampung, sekolah ini berada jauh di perkampungan dan perbukitan daerah Batu Putu, tepatnya setelah Taman Wisata Bumi Kedaton. Terdapat sekolah dasar negeri di wilayah ini, tetapi cukup jauh lokasinya dari perkampungan ini.

Kondisi sekolah swasta ini miris sekali karena 108 orang muridnya harus belajar di 2 buah ruang kelas dan teras depan yang dijadikan kelas tambahan. Halaman sekolah masih tanah merah dan bila turun hujan, halaman jadi becek dan kelaspun ikut tergenang dengan air hujan. Pada saat saya survey sekolah yang sudah ada sejak tahun 1980 an, sekolah ini dahulunya berdinding kayu serta papan dan baru di bangun dengan dinding batu bata di tahun 2010.

IMG-20160123-WA0053

Kami dari Ruang Jingga tidak melihat bagaimana hasil belajar yang akan mereka dapatkan dengan fasilitas tersebut. Tapi kami tetap memberikan semangat buat mereka dan berharap dengan #1000tumblers4lpg tahap kedua ini, anak-anak akan tetap semangat belajar dengan kondisi apapun dan semoga kegiatan kami ini bisa membuka jalan untuk pemerhati pendidikan anak-anak ikut saling memberikan dukungan dan bantuannya.

IMG-20160123-WA0057

IMG-20160123-WA0042
Foto by ERCI Chapter Lampung

Di kampanye bahaya plastik serta sampah ini, Ruang Jingga mengajak ERCI Chapter Lampung untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan fasilitas pendukung pembelajaran anak-anak. Walapun cuaca tidak mendukung, harus bertempur dengan beceknya tanah merah, ruang kelas yang buat sesak nafas dan keriuhan anak-anak yang semangat untuk belajar. Terimakasih buat para relawan, inspirator dan para donatur atas dukungan serta bantuannya, semoga bermanfaat dan anak-anak tetap semangat belajar.. (*tri)

Iklan